Minggu, 13 Maret 2011

permeabilitas

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang
Telah kita semua ketahui, permeabilitas tanah adalah kemudahan media sarang mengalirkan air atau fluida lainya melalaui pori – pori tanah ada juga pendapat lain yaitu permeabilitas tanah adalah kecepatan bergeraknya suatu cairan pada media berpori dalam keadaan jenuh. Mengetahui tentang seluk beluk dari permeabilitas tanah sangat penting sekali bagi beberapa aspek pertanian. Untuk mengetahui lebih dalam tentang permeabilitas inilah kami melakukan praktikum ini.

1.2 Tujuan
Adapun tujuan dari praktikum yang telah kami lakukan adalah :
1. Untuk membuktikan bahwa tanah- tanah yang memiliki kandungan partikel liat , debu dan pasir yang berbeda mempunyai kemampuan yang berbeda pula dalam menahan air.
2. Untuk mengetahui factor apa saja yang mempengaruhi permeabilitas tanah
3. Untuk mengetahui factor apa saja yang dipengaruhi permeabilitas tanah



















BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Pengertian permeabilitas
1. permeabilitas tanah adalah kemudahan media sarang mengalirkan air atau fluida lainya melalaui pori – pori tanah.
( Anonymous,2010 )
2. permeabilitas tanah adalah tingkat kesarangan tanah yang dilalui aliran massa air atau kecepatan aliran air untuk melewati masa tanah
( Hanafiah, 2005 )
3.permeabilitas tanah adalah kecepatan bergeraknya suatu cairan pada media berpori dalam keadaan jenuh.
( Anonymous, 2010 )
4.permeabilitas tanah adalah kemampuan untuk mentransfer air atau udara. Biasanya diukur dengan istilah jumlah air yang mengalir melalui tanah dalam waktu yang tertentu dan ditetapkan sebagai inci/jam
( wanihadi utomo, 1985 )
2.2 Faktor – factor yang mempengaruhi Permeabilitas
a. Tekstur tanah
tanah yang berstruktur berpasir, maka permeabilitas tinggi karena pori-porinya banyak,sebaliknya bila tanah bertekstur liat maka permeabilitas tanahnya memiliki pori-pori yang kecil.
b. Struktur tanah
tanah yang memiliki struktur granuler maka permeabilitasnya tinggi karena pori-porinya banyak.sebalinya tanah yang memiliki struktur yang mantap maka memiliki pori-pori mikro yang banyak sehingga permeabilitasnya rendah.
c. Porositas
jika dalam tanah tersebut porositasnya banyak ( dalam hal penjumlahan antara pori makro dengan pori mikro ) maka permeabilitasnya tinggi,karena ruang pergerakan airnya akan lebih banyak.

d. gravitasi
dalam hal ini gaya gravitasi merupakan hal yang penting,karena bila gravitasi tidak ada maka permeabilitas tanah tidak ada
e. Viskositas
adalah derajat kekentalan cairan,jadi semakin kental cairan maka air yang mengalir pada tanah akan lambat maka permeabilitasnya lambat.

2.3 Faktor yang dipengaruhi permeabilitas tanah
a. Drainase
permeabilitas tinggi drainase pun ikut tinggi karena pori-pori makronya banyak.
b. Infiltrasi
Infiltrasi adalah proses resapnya air ke dalam tanah. Infiltrasi tinggi maka permeabilitasnya ikut tinggi karena daya menahan airnya rendah.
c. Evaporasi
merupakan proses penguapan. Evaporasi rendah maka permeabilitasnya akan tinggi karena daya menahan airnya tinggi.
d. Erosi
bila tanah yang bertekstur liat, maka erosinya rendah dan permeabilitasnya akn rendah juga, karena mamiliki pori – pori yang kecil.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger